Cara Membuat Kondisioner dari Alpukat

condisioner rambut alpukat dan santan kelapa

Membuat produk perawatan rambut Anda sendiri semudah membuka lemari es Anda. Bahan-bahan dasar dari semua produk alami sudah tersedia dimana-mana dan cukup murah. Simpan kondisioner dalam wadah bersih di dalam lemari es hingga satu minggu, Anda tidak dapat menyimpan kondisioner buatan sendiri di kamar mandi karena tidak mempunyai pengawet dan bahan-bahan yang tahan lama.

Pilih salah satu dari resep kondisioner berikut yang paling tepat untuk Anda dan nikmati rambut halus dan indah mempesona:

  1. Buat kondisioner dengan memblender bersama satu botol kecil mayones dan setengah alpukat. Oleskan pasta ke rambut Anda secara merata dari akar hingga ke ujung. Kenakan topi mandi plastik selama 20 menit lalu bilas. Untuk kondisioner lebih mendalam, letakkan handuk kecil panas di kepala Anda lalu balut dengan topi mandi. Jika Anda memiliki rambut yang sangat panjang dan hanya membutuhkan perawatan kondisioner mendalam pada ujungnya, maka oleskan hanya pada bagian bawah rambut Anda.
  2. Oleskan dengan menggunakan sisir 1/2 cangkir mayones ke rambut basah setelah keramas untuk mengembalikan kelembaban rambut. Bungkus kepala Anda dengan handuk dan tunggu selama 20 menit sebelum dibilas.
  3. Kupas dan tumbuk alpukat, kemudian tambahkan santan sedikit demi sedikit. Gunakan garpu untuk mencampur bahan dan terus tambahkan santan hingga mencapai kekentalan yang sama seperti pada kondisioner botolan. Sisirkan kondisioner alami ke rambut dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas.
  4. Buat kondisiner rambut dengan campuran 1 gelas bir hangat dan 1 sdt. minyak jojoba. Pijat-pijatkan pada rambut kemudian bilas hingga bersih. Gunakan shampo untuk menghilangkan minyak yang tersisa.
  5. Rawat rambut Anda dengan kondisioner bergizi yang dibuat dengan mencampurkan 1 kuning telur, 1 sdt. baby oil dan 1/2 cangkir air. Kocok kuning telur sampai berbusa, tambahkan baby oil perlahan-lahan sambil mengocok. Tambahkan air dan terus kocok hingga semua bahan tercampur rata. Pijatkan ke kulit kepala dan seluruh rambut Anda. Lalu bilas hingga bersih.
  6. Buatlah pasta dari alpukat yang sudah dihaluskan, 1 sdm. jus lemon, 1 sdt. garam laut dan 1 sdm. lidah buaya murni. Sisirkan pasta ke rambut Anda, kemudian tutup dengan topi mandi plastik. Biarkan selama 20-30 menit. Bilas dengan shampo.

Tips:

  • Hindari shampo yang mengandung natrium sulfat laurel, atau natrium sulfat laureth. Mereka berbusa dengan baik tetapi keras pada rambut Anda. Sebaliknya, beli shampo yang dibuat dengan glukosa desil, atau glukosida desil, yang jauh lebih lembut.
  • Penyimpanan: Kebanyakan resep memerlukan pendinginan karena mereka tidak mengandung pengawet. Masa kadaluarsa adalah sekitar 1 minggu.
  • Hindari menggunakan produk ini jika Anda alergi terhadap bahan tertentu.